Memberikan Informasi Tentang Teknologi Terkini

Random Posts

Saturday 11 February 2017

Apa Itu RAM ?

Kinerja komputer anda lambat ? itu bisa menyebabkan pekerjaan anda tertunda gara-gara lambatnya komputer yang bisa membuat anda jadi kesal, namun hal tersebut bisa diatasi dengan memori internal yang mempunyai pengaruh penting dalam mengoperasikan suatu komputer, perangkat keras tersebut bernama Random Acces Memory atau yang sering di singkat menjadi RAM, RAM mempunyai tugas sebagai penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tanpa memperdulikan letak data dalam memori.

Oke, kali ini seperti biasa akan membahas Hardware yang selalu berhubungan dengan sistem kerja komputer. Di artikel Apa Itu RAM ? akan membahas pengertian dari RAM dan fungsinya.


  •   Pengertian RAM
    Menurut pengertian dari (https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_akses_acak) RAM merupakan  sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.Jadi RAM adalah salah satu jenis memori internal yang mendukung dan memberi intruksi processor dalam mengolah data. Dengan menambahkan RAM pada komputer dapat memberi pengaruh yang baik terhadap kinerja dan kecepatan komputer.


  •  Fungsi RAM 
Membaca Data
Data yang biasanya tersimpan dalam Hardisk selalu lebih lama ditampilkan karena bisa dikatakan sebagai perangkat memori yang bekerja secara lamban. Hal ini dikarenakan dalam harddisk tersimpan banyak data dan diperlukan waktu untuk menemukannya terutama jika data mengalami fragmentasi. Untuk mengurangi kelambatan dalam sebuah proses pemanggilan data, setelah suatu file atau data pertama kali dibuka, data akan dibaca dan disimpan dalam RAM secara sementara sehingga data tersebut akan lebih cepat diakses saat program masih berjalan dan komputer belum dimatikan.
Menyimpan Memori Sementara
Fungsi RAM dapat membantu menyimpan memori sementara. RAM akan menyimpan memori secara sementara dari suatu program. Progam yang berjalan ini nantinya akan memberikan informasi yang akan disimpan dalam RAM, yang kemudian akan diteruskan menuju CPU untuk diproses. Fungsi CPU ini akan memproses informasi dari suatu aplikasi yang disimpan di dalam RAM.
Secara singkat, seperti ini fungsi menyimpan memori sementara : 
Aplikasi dibuka, aplikasi yang dibuka akan mengirimkan informasi yang kemudian disimpan di dalam RAM, RAM yang akan meneruskan informasi ke CPU, CPU akan memproses informasi yang ada di dalam RAM.Proses tersebut hanya terjadi dalam waktu beberapa detik saja, bahkan bisa lebih cepat lagi, apabila suatu komputer memiliki kapasitas RAM yang lebih besar, sehingga proses penyimpanan memory oleh RAM tidak akan terhambat.
Membantu Dalam Penggunaan Multitasking
Multitasking merupakan suatu keadaan diamana komputer bisa mengerjakan atau membuka lebih dari 2 aplikasi dalam sekali jalan. RAM merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam proses multitasking ini. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin lancar suatu komputer memproses penggunaan multitasking, sehingga komputer yang sering terjadi hang tidak akan terjadi kembali.  
Mempercepat Proses Kinerja Informasi
Kecepatan dari suatu sistem komputer sangat ditentukan oleh besarnya kapasitas RAM yang digunakan. Karena RAM yang memiliki kapasitas besar proses penyimpanan dan juga penerusan memory dari RAM menuju CPU tidak akan terhambat. Hal ini juga merupakan cara agar komputer tidak lemot karena terlalu berat bekerja. Begitu pula kebalikannya, komputer dengan kapasitas RAM yang lebih kecil akan menjadi lebih terbatas penggunaan aplikasinya, karena kemampuan dari memorinya yang terbatas.
Share:

Facebook

Header Ads

BTemplates.com

Memberikan segala informasi dalam sebuah artikel bertentangkan teknologi
Powered by Blogger.

Cari Disini...

Recent in Sports

Comments

Popular