Memberikan Informasi Tentang Teknologi Terkini

Random Posts

Friday, 10 February 2017

Apa Itu Processor ?

  Menurut https://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentral ) Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa Inggris: Central Processing Unit/ProcessorCPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.
Jadi
Processor ialah komponen yang sangat utama dalam suatu proses komputer, tanpa komponen ini komputer tidak dapat digunakan, karena Processor adalah otak komputer. Apabila komputer tidak ada komponen ini maka komputer tidak dapat diperintahkan dan tidak bisa dijalankan. Maka Processor sangat di utamakan untuk membuat sebuah komputer.


Untuk lebih jelas Apa Itu Processor ? mari kita simak lebih jelas lagi.


1.     Pengertian Processor :

             Processor merupakan komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Processor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses. Dengan kapasitas Processor yang besar dan didukung oleh memori (RAM) yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan instruksi dengan cepat. Arti lain Processor yang sering disebut “Microprocessor”. Bagian yang terpenting dari Processor adalah:

  • Arithmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  •  Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
  • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

    2.      Fungsi Processor :


             Processor berfungsi sebagai alat untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang seterusnya akan menghasilkan keluaran (output). Pada waktu Processor memperoses data, Processor juga sehingga akan terhubung dengan komponen komputer yang lain, terutama Hardisk dan RAM. Selain itu fungsi Processor juga sebagai tempat penghubung, penyusun, pengatur seluruh bentuk data dan proses kerja komputer dalam berbagai hal, dalam hal ini Processor bertugas dalam membagi-bagi pekerjaan masing-masing dari fungsi perangkat komputer, serta pengawas struktur dan cara kerja perangkat-perangkat komputer. Jika ada bahagian perangkat komputer yang error, maka otomatis juga akan mempengaruhi proses kerja Processor itu juga.


Baca Juga :




Share:

Facebook

Header Ads

BTemplates.com

Memberikan segala informasi dalam sebuah artikel bertentangkan teknologi
Powered by Blogger.

Cari Disini...

Follow by Email

Recent in Sports

Comments

Popular