Memberikan Informasi Tentang Teknologi Terkini

Random Posts

Saturday, 11 February 2017

Jenis Kerusakan Motherboard Dan Cara Memperbaikinya

Motherboard merupakan papan induk yang berfungsi sebagai penghubung berbagai macam perangkat keras agar bisa menjalankan sebuah komputer. Barang yang menggunakan unsur listrik biasa disebut barang elektronik, namun setiap elektronik mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan, salah satu kelebihan yang ada pada setiap barang elektronik adalah memudahkan setiap aktivitas manusia. Tetapi banyak sekali kendala yang bisa membuat barang elektronik mudah rusak, seperti barang tersebut dipakai secara kelebihan hingga menyebabkan panas yang tinggi yang dapat menghanguskan barang tersebut, ada juga barang elektronik yang rusak karena tidak dipakai diwaktu yang sangat lama.Motherboard sendiri merupakan salah satu elektronik dari sekian banyak barang lainnya. Barang elektronik memang mempunyai penyebab kerusakan, begitu juga dengan Motherboard.


Berikut ini beberapa penyebab kerusakan dan cara memperbaiki/mengatasi kerusakan Motherboard, yaitu :


  •  Overheat Pada Komponen CPU

Penyebab pertama dari kerusakan pada motherboard adalah karena terjadinya panas berlebih pada komponen CPU. Komponen yang sering mengalami panas berlebih ialah Processor, Hardisk, RAM, dan VGA card. Komponen tersebut dapat menyebabkan kerusakan apabila tidak segera di atasi.
Cara Mengatasi Overheat Pada Komponen CPU : 
1. Berikan kipas tambahan.
2.  Jangan terlalu banyak memakai program, pakai saja yang   diperlukan.
3. Sesuaikan program yang dijalankan dengan spesifikasi komputer.
4.  Selalu maksimalkan ruang pembuangan udara panas komputer.


  • IC Komponen Terbakar

IC merupakan kontroler yang mampu menjalankan fungsi komponen CPU. Apabila IC korsleting maka akan membuat motherboard terbakar, dengan itu IC sangat berpotensi merusak motherboard.
Cara Mengatasi IC Komponen Terbakar :
Untuk menjaga IC tidak terbakar, maka yang harus dilakukan adalah menjaga komputer/laptop tidak overheating. Karena panas yang berlebih dapat menyebabkan gangguan dan terbakar, maka akan menyebabkan motherboard mengalami kerusakan.


  • Tegangan Dan Suplai Listrik Tidak Stabil

Tegangan dan suplai listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan motherboard tidak memperoleh listrik yang optimal, dan tidak bisa menjalankan sistem dengan baik, hal ini dapat menyebabkan motherboard kerusakan, dan apabila tegangan listrik terlalu besar maka motherboard bisa terbakar.

Cara Mengatasi Tegangan Listrik Tidak Stabil :
    Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu menggunakan Volt Stabilizer agar listrik tidak berubah-ubah sehingga listrik menjadi stabil, serta menggunakan Power Supply yang berkualitas. Untuk pengguna Laptop agar mencegah terjadinya gangguan listrik yang tidak stabil, anda perlu membeli baterai laptop original (untuk yang menggunakan baterai KW). 

·         Menjaga Komputer agar tidak mengalami kerusakan
1. Jaga selalu temperature komputer agar tidak panas berlebih. 
2. Jauhkan komponen motherboard dari lokasi berdebu yang bisa menghambat proses pendinginan. 
3. Jangan menjatuhkan komputer dengan keras. 
4. Selalu periksa setiap komponen supaya tersambung dengan baik pada slotnya 
5. Untuk tidak kurang atau kelebihan, gunakanlah Volt Stabilizer untuk menstabilkan daya listrik dan juga tegangan listrik. 
Share:

Facebook

Header Ads

BTemplates.com

Memberikan segala informasi dalam sebuah artikel bertentangkan teknologi
Powered by Blogger.

Cari Disini...

Follow by Email

Recent in Sports

Comments

Popular