Memberikan Informasi Tentang Teknologi Terkini

Random Posts

Friday 17 February 2017

Pilih Android Atau iOS ? Mana Yang Paling Cocok Buat Kamu ?

Predikat OS terbaik memang cukup sulit untuk diberikan ke salah satunya. Apalagi masing-masing OS ini memiliki keunggulan dan kualitas tersendiri.

iOS adalah sistem operasi besutan Apple yang disematkan dalam berbagai gadget produksi vendor raksasa tersebut. Mulai dari iPhone, iPad, serta iMac semuanya disemati dengan iOS yang dapat di update setiap ada perbaruan sistem software-nya.

Android adalah sistem operasi ciptaan pabrik raksasa, Google. OS Android tergolong pemain baru dibandingkan dengan iOS namun dengan perkembangannya yang begitu pesat, saat ini Android mampu bersaing sejajar dengan gadget milik Apple. Apalagi OS ini sifatnya open source jadi memungkinkan para developer aplikasi untuk mengembangkan software ciptaan mereka.

Saat awal kemunculan Android, banyak pengguna HP yang masih mengunggulkan iOS. Namun lambat laun, platform Android yang senantiasa diperbarui dapat mengalahkan penjualan Apple berkat banyaknya aplikasi yang dapat diunduh. Ditambah lagi banyak vendor smartphone yang merangkul Android sebagai sistem operasinya. Sebut saja Oppo, Samsung, Sony, dan lain-lain. Sedangkan iOs cukup bertahan dengan ekslusifitasnya yang hanya dikhususkan bagi gadget Apple.

Berikut perbedaan antara Androi dengan iOS :


Untuk Para Gamer

Banyak dari kita yang hobi sekali bermain game. Entah itu game mudah seperti Angry Birds atau yang membutuhkan perangkat berat seperti game-game RPG animasi. Bila kamu membeli smartphone untuk bermain game, kamu perlu mempertimbangkan daya tahan dari kedua platform tersebut. Dari segi ketersediaan game, App Store milik iOs masih mengungguli Play Store milik Android.
Ada banyak game papan atas seperti Walking Dead dan Infinity Blade yang awalnya hanya tersedia bagi pengguna iOS. Selain itu, App Store memiliki banyak game berkualitas yang tidak dipunyai oleh Android. Tentu saja, bila anda adalah seorang fanatik game, kemampuan untuk menjadi yang pertama men-download, adalah menjadi sebuah kepuasan tersendiri.
Memang pada akhirnya, game-game tersebut akan tersedia di Android namun para pengguna platform ini harus bersabar sambil gigit jari sementara pengguna iPhone dan iPad sudah bermain dengan seru.


Kemudahan Berbagi Data

Bagi para pengguna iOS, tampaknya Apple tidak mengijinkan kamu mentransfer foto lewat Bluetooth ke ponsel platform Android. Inilah yang membuat iPhone terasa ekslusif. Lain halnya dengan Android. Banyaknya gadget yang ber-platform Android mempermudah pengiriman gambar, music, serta file-file lain via Bluetooth. Bahkan ada banyak file sharing apps yang bisa didownload lewat Play Store.


Memori Eksternal

Bagi kamu pengguna iPhone, jangan harap untuk mengekspansi kapasitas memorinya. kamu diwajibkan memilih kapasitas memori saat kamu membelinya. Entah itu 8 GB, 16 GB atau 32 GB. Tentu saja, kamu harus benar-benar berpikir secara matang sebelum melakukan pembelian. Bisa jadi smartphone tersebut tidak mampu memuat aplikasi-aplikasi hasil unduhan kamu.
Lain halnya dengan Android, ada banyak pilihan kapasitas memori yang dapat dipilih dan diekspansi hingga 32 GB. Hal ini akan mempermudah para penggunanya dalam mengatur file-file yang ada.


Kamera

Pernahkah kamu membandingkan hasil jepretan kamera iPhone dan kamera Android dengan kekuatan lensa yang sama? Hasilnya pasti jepretan iPhone terlihat lebih tajam dan bagus. Apple tidak pernah main-main dalam membenamkan fitur kameranya. Setiap ponsel iPhone hadir dengan kamera beresolusi tinggi serta ukuran sensor yang besar pula. Sensor ini bertugas untuk menangkap cahaya yang nantinya berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan.


Fitur Widget

Bagi para pengguna smartphone dapat menikmati kebebasan melakukan personalisasi pada menu home mereka. kamu dapat menaruh apps apa saja  pada layar misalnya, music player, email, BBM atau camera. Jadi, HP Android kamu memiliki tampilan yang berbeda dan tidak ada duanya. Para pengguna iOS tidak dapat mengubah tampilan home atau mengubah font-font apabila tidak dilakukan Jail Break.


Harga

Harga menjadi sebuah pertimbangan penting saat membeli hape. Saat ini, membludaknya gadget berbasis Android dapat mencakup semua kalangan. Mencari smartphone Android 1 jutaan sama mudahnya dengan mencari yang harganya 6 jutaan. Lain halnya dengan platform iOS. Harganya sudah ditentukan oleh Apple dan tidak banyak pilihan gadget yang tersedia karena iPhone maupun iPad memiliki seri yang urut dan setiap tahunnya hanya merilis satu hingga dua model anyar saja. Harga dari iPhone terbaru pun cukup fantastis dan pasti di atas 5 juta. Jadi kamu harus menunggu sampai seri barunya dirilis baru kamu dapat memperoleh seri lama dengan harga murah.


Kualitas Aplikasi

Karena Android memiliki development yang bebas, maka kualitas aplikasinya cenderung tidak terkontrol. Aplikasi yang jelek sekalipun dapat terdaftar di Play Store dan bila kamu kurang beruntung, kamu bisa merasa jengkel saat mengunduh sesuatu yang tidak sesuai harapan. Lain halnya dengan iOS, karena terbatasnya ruang gerak developer, maka hanya kualitas yang terbaik yang ada pada App store.


Ragam Gadget


Saat ini, konsumen tidak ingin dibatasi dengan hanya satu atau dua pilihan saja. Oleh karena itu, Android masih menjadi platform terfavorit di pasar gadget dunia. Hal ini dikarenakan Android tidak terpaku pada satu merk ponsel saja. Ada banyak pilihan gadget dengan berbagai desain yang dapat menarik minat kalangan lebih luas dibandingkan dengan produk Apple yang terbatas. Selain itu, handphone besutan Apple memang kurang kompatibel dengan sistem di luar iOS.
Share:

Facebook

Header Ads

BTemplates.com

Memberikan segala informasi dalam sebuah artikel bertentangkan teknologi
Powered by Blogger.

Cari Disini...

Recent in Sports

Comments

Popular