Memberikan Informasi Tentang Teknologi Terkini

Random Posts

Saturday 11 March 2017

Fakta Menarik Tentang Logo Android yang Harus Kamu Ketahui



Logo robot hijau ini memang telah menjadi sebuah ciri khas yang telah melekat dari Android. Meski telah menjadi sangat populer. Namun tahukah kamu, bahwa ada sisi lain dari si robot hijau saat penciptaan dan kemunculannya pertama kali.


Baca juga : Perhatikan Sebelum Kamu Membeli Smartphone Baru

1. Terinspirasi dari Simbol Toilet
Seperti yang diketahui bersama bahwa logo Android diciptakan oleh Irina Blok. Menurut berbagai sumber yang diketahui bahwa saat menciptakan logo Android tersebut bersama tim desainer Google, Irina mendapat inspirasi dari sebuah hal sederhana yaitu simbol toilet pria dan wanita.

Simbol yang kerap dijumpainya saat ia hendak memasuki kamar kecil justru menginspirasinya daripada aneka karakter dari film atau mainan yang ber-genre sci-fi dan segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa yang ia lihat dan tonton.

Dari simbol itu, irina kemudian mulai memodifikasi beberapa bagiannya seperti dengan menambahkan sebuah antena di bagian atas kepala hingga akhirnya melahirkan si robot hijau Android yang kini benar-benar telah mendunia.

2. Awalnya Ditujukan Bukan Untuk Android
Meski si robot hijau ini telah menjadi logo resmi dari Android. Irina Blok menyatakan bahwa awalnya logo si robot hijau ini tak ditujukan pada brand Android. Ada beragam versi yang muncul terkait hal ini. Ada yang mengatakan bahwa logo ini diciptakan hanya untuk dirinya sendiri, ada juga yang menjelaskan bahwa logo robot fenomenal ini ditujukan pada pengembang.

Namun terlepas dari kontroversi yang ada, Irina mengakui bahwa ia benar-benar tak menyangka kalau si robot hijau ciptaannya ini akan menjadi begitu ikonik bagi sebuah brand. Karena saat membuat logo tersebut Irina tak benar-benar merancang si robot hijau itu untuk menarik perhatian.

3. Sederhana Menjadi Kata Kuncinya
Fakta dan cerita menarik berikutnya dari penciptaan logo Android yaitu bahwa logo yang kini dikenal oleh seluruh masyarakat dunia ini dibuat dan dikreasikan dengan teknik yang sederhana. Namun meskipun sederhana, diakui oleh Irina dalam sebuah wawancara dengan media di Amerika bahwa justru hal tersebutlah yang merupakan bagian tersulit untuk dicapai.

Bahkan ada sebuah momen menarik saat dimana Irina menonoton film Alice in Wonderland bersama putrinya yang berusia 6 tahun. Ketika film menayangkan bagian yang memunculkan logo Android, tiba-tiba sang putri yang melihat logo Android muncul di layar pun berteriak “Ibu saya yang membuat itu!”.

Sontak pengunjung bioskop lainnya kaget dan pasangan anak dan ibu ini pun menjadi pusat perhatian. Meski mengaku malu dengan peristiwa tersebut, namun Irina merasa senang karena ternyata karyanya telah dikenal dan diminati banyak di seluruh dunia.

4. Hanya Membutuhkan Waktu yang Sebentar
Untuk sebuah karya yang fenomenal, tentu umumnya kita akan meyakini bahwa kreasi tersebut akan dibuat dalam waktu yang lama. Namun ternyata hal ini tidak berlaku pada logo Android. Menurut Irina Blok sendiri, ia mengaku tak butuh waktu lama membuat si robot hijau ini saat telah mendapatkan ide dan inspirasinya. Ia yang melahirkan konsep robot hijau ini kemudian menyampaikannya ke para pengembang Google lainnya untuk dikembangkan lebih jauh lagi.

Proses pengembangan kreasi awal Irina oleh tim desainer Google ini juga berlansung dengan cepat dan tetap mempertahankan konsep sederhana. Tujuan dipertahankan konsep logo sederhana menurut Google adalah guna memungkinkan siapapun untuk melakukan kostumisasi atas logo sederhana tersebut layaknya sistem operasi Android yang bersifat open source. Hasilnya seperti kita ketahui bersama bahwa logo ini telah dikostumisasi atau dimodifikasi beberapa kali dari Android Cupcake hingga yang terbaru sekarang adalah Android Nougat.
Share:

Facebook

Header Ads

BTemplates.com

Memberikan segala informasi dalam sebuah artikel bertentangkan teknologi
Powered by Blogger.

Cari Disini...

Recent in Sports

Comments

Popular